BOBBY DE PORTER (TEORI
QUANTUM LEARNING)
A. PENDAHULUAN
Selama rentang waktu
dua puluh tahun ini, Bobby De Porter telah menjalani peran sebagai ibu rumah
tangga hingga jutawan, kemudian ia menjadi pengusaha yang sukses. Setelah menjadi
seorang multijutawan ia bergabung dengan Stone mendirikan Burklyn Business School
hingga Bobby bisa menghasilkan sebuah buku yang berjudul “Quantum Lerning”.
Buku Quantum
Learning ditulis oleh Bobbi De Porter dan Mike Hernacky. Bobbi dilahirkan dan
dibesarkan di Seattle. Dia banyak belajar dari Dr.Georgi Lozanov, Bapak konsep
belajar cepat (accelerated learning) dan menerapkan metodenya di sekolah bisnis
Burklyn dan berhasil dengan kesuksesan yang menakjubkan.
Mike Hernacki,
seorang mantan guru dan pengacara. Ia menjadi penulis lepas sejak 1979. Dia menulis
tiga buku yaitu : The Ultimate Secret to Gretting Everything You Want, The
Secret to Conquering Fear dan Forgotten Secret to Phenomenal Succes. Dia
tinggal di San Diego.
Hal yang menarik
dari temuan De Porter, selain metode adalah kepraktisan. Di dalam bukunya terdapat
beberapa teknik meningkatkan kemampuan diri. De Porter dengan jeli merevisi dan
merangkaikan dengan potensi-potensi manusia lain sehingga metodenya menjadi
mudah diterapkan.
B. TEORI YANG DIKEMUKAKAN
Teori yang
dikemukakan dalam buku ini adalah metode Quantum Learning. Quantum learning
adalah seperangkat metode dan falsafah belajar yang terbukti efektif untuk
semua umur. Quantum learning berakar dari upaya Dr. Georgi Lozanov yang bereksperimen
dengan apa yang disebutnya sebagai “suggestology” atau “suggestopedia”.
Prinsipnya adalah sugesti dapat dan pasti mempengaruhi hasil situasi belajar
dan setiap detil apapun memberikan sugesti positif ataupun negatif. Beberapa
teknik yang digunakan untuk memberikan sugesti positif adalah mendudukan murid
secara nyaman, memasang musik latar di dalam kelas, meningkatkan partisipasi
individu, menggunakan poster-poster untuk memberikan kesan besar sambil menonjolkan
informasi dan menyediakan guru-guru terlatih baik dalam seni pengajaran
sugestif.
Quantum learning
mencakup aspek-aspek penting dalam program neurolinguistik (NLP) yaitu suatu
penelitian tentang bagaimana otak mengatur informasi. Program ini meneliti
hubungan antara bahasa dan prilaku dan dapat digunakan untuk menciptakan
jalinan pengertian antara siswa dan guru. Para pendidik dengan pengetahun NLP
mengetahui bagaimana menggunakan bahasa yang positif untuk meningkatkan
tindakan-tindakan positif yang merupakan faktor penting untuk merangsang fungsi
otak yang paling efektif. Semua ini dapat menunjukkan dan menciptakan gaya
belajar terbaik dari setiap orang, dan menciptakan pegangan dari saat-saat keberhasilan
yang meyakinkan.
Quantum learning
didefinisikan sebagai interaksi-interaksi yang mengubah energi menjadi cahaya.
Rumus yang terkenal dalam fisika kuantum adalah Massa kali kecepatan
cahaya kuadrat sama dengan Energi. Persamaan ini ditulis sebagai E=mc2.
Tubuh kita secara fisik adalah materi.
Sebagai pelajar,
tujuan kita adalah meraih sebanyak mungkin cahaya, interaksi, hubungan, inspirasi
agar menghasilkan energi cahaya. Quantum learning menggabungkan sogestologi, teknik
pemercepatan belajar dan NLP dengan teori, keyakinan, dan metode penulis
sendiri.
Termasuk di antaranya
konsep-konsep kunci dari berbagai teori dan strategi belajar lain, seperti:
1. Teori otak kanan/kiri
2. Teori otak trinue (3 in one)
3. Pilihan modalitas (visual, auditorial, dan kinestetik)
4. Teori kecerdasan ganda
5. Pendidikan holistik (menyeluruh)
6. Belajar berdasarkan pengalaman
7. Belajar dengan simbol (Metaphoric learning)
8. Simulasi atau permainan
Faktor-faktor yang
mempengaruhi cara belajar pada metode Quantum Learning adalah :
1. Lingkungan
a. Positif
b. Aman dan mendukung
c. Santai
d. Penjelajahan (exploratory)
e. Menggembirakan
2. Fisik
a. Gerakan dan terobosan
b. Perubahan-perubahan dan permainan
c. Fisiologi dan estafet (hands on)
3. Suasana
a. Nyaman dan cukup penerangan
b. Enak dipandang
c. Ada musiknya.
Sumber-sumber yang
dijadikan acuan adalah :
1. Interaksi yaitu pengetahuan, pengalaman, hubungan dan
inspirasi
2. Metode yaitu dengan mencontoh, permainan,simulasi dan
simbol
3. Belajar untuk mempelajari keterampilan yaitu dengan cara
menghafal, membaca, menulis, mencatat, kreativitas, cara belajar, komunikasi
dan hubungan.
Lingkungan belajar
yang tepat adalah :
1. Ciptakan suasana yang nyaman dan santai
2. Gunakan musik supaya terasa santai, terjaga dan siap
untuk berkonsentrasi
3. Ciptakan dan sesuaikan suasana hati dengan berbagai jenis
musik
4. Gunakan pengingat-pengingat visual untuk mempertahankan
sifat positif
5. Berinteraksi dengan lingkungan untuk menjadi pelajar yang
lebih baik.
Modalitas belajar
dalam Quantum Learning mencakup :
1. Visual yaitu belajar dengan cara melihat
2. Auditorial yaitu belajar dengan cara mendengar
3. Kinestetik yaitu belajar dengan cara bergerak, bekerja
dan menyentuh.
C. PEMBAHASAN
Quantum Learning
merupakan cara pemercepatan belajar. Metode ini dipandang efektif untuk
meningkatkan kecerdasan dan kemampuan kita. Karena kurikulumnya secara harmonis
merupakan kombinasi dari tiga unsur: keterampilan akademis, prestasi fisik dan
keterampilan dalam hidup. Belajar memang harus menyenangkan. Dalam Quantum
Learning dibahas cara-cara bagaimana agar belajar bisa menjadi hal yang
menyenangkan. Untuk mendukung hal ini maka dipersiapkan lingkungan yang
mendukung agar semua yang belajar merasa penting, aman, dan nyaman. Ini bisa
dimulai dari lingkungan fisik yang diperindah dengan tanaman, seni dan musik.
Setelah metode
Quantum Learning diterapkan dalam sistem pengajaran di SuperCamp ternyata memperoleh
hasil yang memuaskan, contohnya para siswa yang mempunyai Indeks Prestasi 1,9 atau
lebih rendah dari rata-rata mendapatkan peningkatan satu point. Hal ini
membuktikan bahwa metode Quantum Learning telah diuji dan terbukti efektif
selama lebih dari sepuluh tahun penerapannya. Tantangan-tantangan fisik misalnya
kekuatan berjalan, suatu olahraga yang sangat menegangkan, dan mematahkan papan
digunakan sebagai metafora untuk mempelajari terobosan-terobosan belajar.
Memang kita harus menyadari bahwa kehidupan pribadi yang harmonis berkaitan
erat dengan keberhasilan di sekolah, komunitas, dan karier. Untuk mencapai keharmonisan
ini kita harus memiliki keterampilan berkomunikasi secara efektif agar mendapatkan
integritas pribadi dan menciptakan hubungan yang bermanfaat.
Quantum Learning
mengcakup bidang dan keterampilan seperti bersikap positif, termotivasi,
menemukan cara belajar, menciptakan lingkungan belajar yang sempurna, membaca dengan
cepat, membuat catatan yang efektif, mempelajari teknik menulis yang canggih,
berfikir kreatif dan mengembangkan hafalan yang menakjubkan.
Kebanyakan orang
akan setuju bahwa masyarakat barat berada dalam perubahan cepat dalam bidang
teknologi. Di sepanjang menuju kemajuan itu banyak terdapat dilema global yang harus
dipecahkan dan dalam diri kita masing-masing terdapat kemampuan untuk mencapai terobosan-terobosan
mental menuju keberhasilan. Dengan Quantum Learning potensi dalam diri kita
akan muncul asalkan ada kemauan dari diri kita.
Untuk menjadi
pelajar Quantum memang kita harus mampu mengolah informasi dengan cara
mengasimilasikannya potongan-potongan materi sekaligus dan mengembangkan pemahaman
kita tentang satuan-satuan kecil untuk mengetahui bagaimana satuan-satuan ini beroperasi
dalam skala besar dalam kaitannya dengan faktor-faktor lain. Biasanya kita
merasa lebih mudah belajar dengan satu atau lain cara, tetapi yang terpenting
adalah mampu melakukan kedua-duanya.
Sebenarnya kita
memiliki perangkat mental penting untuk menjadi pelajar Quantum kita harus
ingat otak kita secara fisiologi sama dengan Albert Einstein tinggal kita
belajar bagaimana membimbingnya menuju keberhasilan. Banyak manfaat yang dapat
diambil dari metode ini yaitu bisa belajar menyenangkan misalnya dengan cara
sebelum membaca lihat dulu bacaan secara sekilas pada malam sebelumnya dan
lihat kembali catatan sebelum memulai pelajaran di sekolah atau melakukan
presentasi, memanfaatkan setiap waktu menjadikannya subjek yang menarik, belajar
ditempat dan waktu yang teratur, belajar dengan menggunakan musik bisa membantu
belajar lebih banyak dengan cara mengendurkan pikiran dan membuat kita selalu
siap, melakukan istirahat lima menit karena belajar yang baik adalah sebelum
dan sesudah istirahat, selalu menggunakan kalender untuk mempersiapkan ujian,
semua itu bisa mengurangi stress dan mempertajam ingatan dan kita bisa
memperoleh lebih banyak dari yang kita harapkan kalau bisa memusatkan pikiran
untuk hal itu. Dengan begitu belajar kita akan lebih efektif.
Metode Quantum
Learning ini tidak dapat berjalan sendiri tapi kita yang harus bisa memanfatkannya
sesuai dengan potensi yang ada dalam diri kita. Kita bisa menyamakannya dengan
sarana atau alat-alat yang berada dibengkel kerja kita, misalnya gergaji kita
memerlukan konsentrasi penuh sebelum kita dapat menggunakannya dengan baik.
Misalnya membaca dengan kecepatan tinggi dapat dibandingkan dengan keterampilan
menggunakan gergaji. Metode Quantum Learning bisa kita terapkan dalam kehidupan
sehari-hari untuk dijadikan kebiasaan agar kita lebih mendisiplinkan diri kita
dalam hal belajar, sehingga kita tidak terbebani untuk belajar dan belajar akan
terasa menyenangkan.
Yang paling berharga
dalam belajar adalah bagaimana cara belajar. Seperti contoh di sekolah Burklyn
kurikulum enam minggu pertama dipergunakan untuk mempelajari keterampilan-keterampilan
dasar yang mendasar seperti cara mencatat, menghafal dan membaca cepat. Karena
hal ini yang menjadi dasar untuk kegiatan pembelajaran selanjutnya agar pembelajaran
lebih efektif dan lancar. Pada saat yang sama juga sekolah ini berupaya menciptakan
suasana aman dan efektif.
Cara belajar kita
adalah kombinasi dari bagaimana kita menyerap lalu mengatur dan mengolah
informasi. Quantum Learning bermanfaat untuk memupuk sikap positif, motivasi, keterampilan,
belajar seumur hidup, kepercayaan diri dan sukses. Melihat manfaat yang didapat
dari metode tersebut maka bisa diimplementasikan dalam sistem pendidikan kita.
Hal-hal yang dapat diimplementasikan adalah teknik-teknik belajar yang terdapat
dalam metode Quantum Learning, tapi sebelum menerapkannya pada sistem
pendidikan kita metode ini harus disesuaikan dulu dengan kondisi budaya timur
karena metode ini diciptakan dan dikembangkan dengan latar budaya barat.
Metode Quantum
Learning diselaraskan dengan cara kerja otak kita. Teknik ini telah teruji dan
terukur selama bertahun-tahun dan semuanya berhasil.
D. KESIMPULAN
1.
Quantum Learning merupakan
metode yang sangat praktis dan bisa dijadikan pegangan untuk semua golongan
usia pelajar, metode ini memberikan kiat-kiat, petunjuk, strategi, dan seluruh
proses yang dapat menghemat waktu, mempertajam pemahaman daya ingat dan membuat
belajar sebagai suatu proses yang menyenangkan dan bermanfaat. Teknik-teknik Quantum
learning mampu mengubah sikap banyak orang tentang diri mereka yaitu belajar
yang menakjubkan untuk segala usia.
2.
Yang terpenting dalam
Quantum Learning ialah belajar harus menjadi pengalaman yang positif, karena
dengan berfikir positif dan menggunakan kemampuan praktisi diri sendiri berarti
kita telah memiliki pergeseran mental yang akan mengubah dunia.
3.
Metode ini ditujukan untuk
membantu kita agar responsif dan bergairah dalam menghadapi tantangan. Realitas
masa kini tak cukup dihadapi dengan kecerdasan akal. Jadi kita harus
memunculkan potensi lain dalam diri kita. Metode ini mengajak kita agar lebih
mengenali dan merasakan betapa membaca dan menulis amat penting bagi
peningkatan kemampuan diri.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar